Kamis, 10 Maret 2011

H-30: UNDANGAN DAN SOUVENIR

Ceritanya pengen rada berhemat. Setelah segala urusan gedung, catering, dan lainnya menyita lebih dari setengah total budget, saya sepakat untuk nyari undangan dan souvenir yang harganya bisa di-press..

Berhubung cami saya yang bikin desain undangannya, jadi soal warna, ukuran, dan printilan yang bisa bikin harga bengkak udah diatur-atur supaya tetep low budget-high quality. Bersyukur banget cami saya ngerti soal desain dan percetakan, jadi bisa ngakalin di sana-sini.

Hari Jumat lalu, saya sengaja pulang ke Tasik buat nyari percetakan murah meriah bareng kakak laki-laki saya, Aa Rijal. Kebetulan Arijal ada kenalan yang punya percetakan. Nah, suami si empunya ni sebetulnya kakak kelas saya dan Arijal, sama-sama ikutan Pramuka juga pas SMA dulu. Jadi sangat mungkin bisa nego harga. :D

Saya juga kan udah dibekelin "ilmu" soal percetakan sama cami. Hihihiii.. si empunya sampe rada surprise trus bilang, "Wah, kayaknya Teteh mah udah ngerti banget ya soal percetakan?". Dan saya cuma cengar-cengir trus jawab rada malu-malu seneng gitu, "Bukan saya, Teh. Yang ngerti mah Aa-nya (cami_red). Orang desain juga..." (proud of you, my dear future husband.. :)

Orangnya nawarin harga Rp 5000 untuk desain yang kartu lipat, include plastik, pita, stiker label, kartu ucapan terimakasih, dan souvenir berbentuk mini notes. Desain yang cami saya buat emang ada dua, satu yang kartu lipat, satu lagi yang kartu pake amplop. Desain kedua tuh ide saya, hehehehee, sangat terinspirasi dari undangan nikahan di film Hari Untuk Amanda.. :p

Arijal belum puas dengan harga segitu. Masih penasaran pengen tau harga di percetakan lain. Tapi bentrok sama waktu shalat Jumat, jadi ditunda dulu. Cuma Arijal minta cami saya survei harga percetakan juga di Bandung.

Kebetulan banget, cami ni punya link lumayan banyak di urusan cetak-mencetak. Malamnya, cami nelpon ke Tasik, laporan soal harga yang luar biasa superduper murah. Jadilah setelah rapat bareng Ibu, Papap, Arijal, Wa Ulum, dan Bi Emil, diputuskan nyetak undangan dan beli souvenirnya di Bandung aja. Urusan ini pun akhirnya didelegasikan ke saya dan cami.. :D

Hari Senin saya dan cami deal sama salah satu percetakan di Pagarsih. Setelah tawar-menawar, harganya jadi cuma Rp 2.100 per pieces, tapi kualitas sama dengan yang ditawarkan di percetakan di Tasik. Tapiiiii... ada tapinya lagi ni.. harga itu belum termasuk plastik, pita, stiker label, dan souvenir. Berunding dulu saya sama Arijal via telpon, dan ngitung-ngitung jatohnya berapa harga undangan plus souvenir kalo beli terpisah. Dan ternyata tetep lebih murah di Bandung, sekitar Rp 3.000-an.. Cuma perlu tambahan tenaga aja buat beli souvenir dan masang pita-plastik undangan.. :D

Hari itu juga saya lanjut menyisir daerah Cibadak, pusat souvenir di Bandung. Keluar-masuk toko souvenir. Banyak yang lucu-lucu. Ngiler saya liatnya.. Hahahahaa... Ada sendok-garpu dibungkus lucu-lucu banget, harganya pun okeh. Tapi nggak jadi soalnya si sendok-garpu ni tipiiiiiiiis banget.. Heu..

Trus ada kipas bagus-bagus. Tapi kata cami, itu mah udah biasa. Ada pembuka tutup botol juga, lucuuuuuuuuuuu banget. Sayangnya saya udah kelewat cape kemarin itu, jadi sama sekali nggak inget buat foto-foto souvenir di Cibadak. Heu...

Akhirnya pilihan saya dan cami tertambat pada saputangan batik. Unik, simpel, khas Tasik banget ada batik-batiknya, dan pastinya muraaaaaaahh... huahahahahaa... Apalagi cami ni ternyata jago nawar. Harga yang tadinya rada mahhhaall, bisa jadi sangat murah. Hihihhii.. saya aja kalah lah soal tawar-menawar mah.. :p

Saya beli souvenir 700 pieces, disesuaikan sama jumlah kartu undangan yang emang nyetak 700 buah. Tapi kemarin Ibu nelpon, minta saya nambahin souvenir jadi 1000. Pertimbangannya karena keluarga saya banyak banget, apalagi yang masih kecil-kecil yang pasti pada pengen nyomot souvenir. Daripada nanti tamu-tamu malah ga kebagian, jadi mending beli lebih. Begitu kata beliau. Tapi yaa.. masih dipertimbangkan.. kalo beli 300 lagi bisa dapet harga sama murah kayak pas pertama beli, boleh lah.. tapi kalo ngga, hmm.. mikir, mikir..

Foto souvenir? Menyusul yaaa... soalnya paket souvenir udah saya kirim ke Tasik kemarin, dan saya lupa belum sempet foto.. Hehehehee...

Foto undangan? Nanti kalo udah jadi aja saya pajang di post berikutnya. InsyaAllah Sabtu ini undangannya beres cetak kok... :)

next stop: undangan beres cetak, undangan online??, dan lainnyaaaa...........

4 komentar:

Main Kata mengatakan...

blog yang menarik dengan postingan yang unik... ^^...

salam kenal..
dan aku izin follow duluan yah

sukses selalu untuk rencana2nya....

shafiyashafiyaa mengatakan...

makasiiiiih.. :)

salam kenal dan sukses juga ya buat kamu..

M.n.M mengatakan...

bagus post ini.
sudah tau ke mana mau cari souvenir murah di bandung..
cibadak dekat kah dengan kota bandung?
saya akan ke bandung july ini.
tujuannya??
sama seperti kamu.. hehehe..
salam dr malaysia yaa.. ^_^

Unknown mengatakan...

Lalu, bagaimana mengenai souvenir pernikahan Tasikmalaya? Souvenir tasikmalaya pun mungkin banyak dipasok dari luar Tasikmalaya. Jika anda ingin mencari souvenir pernikahan khas dari Tasikmalaya, anda bisa pergi melihat di toko souvenir online atau produsen Souvenir pernikahan.