Selasa, 28 Desember 2010

TEMPE PAKE BAJU

Akhirnya liburaaaaaaaaaan..... :))

Memang tiada tempat senyaman rumah. Haha.. Cuma dua hal yang rada menghambat proses bersenang-senang saat liburan ini. Satu, fakta bahwa saya kena diare (lagi), perut saya bergejolak dan setelah minum obat saya malah mual-mual. Dua, kalo lapar ya saya harus masak, nggak bisa beli makanan jadi karna nggak ada yang jual di dekat rumah, apalagi ngarep delivery kayak di Jatinangor. Wuih, boro-boro! Parahnya, Ibu liburan ke Surabaya dan ninggalin rumah tanpa persediaan bahan makanan mentah yang memadai. Alhasil saya ngeruk-ngeruk lemari es dan ngewarung nyari sayuran tahu tempe yang gampang diolah.

Kalo cuma saya yang ada di rumah sih gampang, tinggal masak mie telor pun jadi. Tapi ada kakak-kakak saya juga, yang kalo nggak dimasakin nasi plus lauk-pauk, mereka nggak bakal makan... Hmm... Makanya begitu nyampe rumah Sabtu malam lalu, saya langsung ditodong Teteh buat nyiapin makan malem.

Berhubung kulkas lagi nganggur tak berisi, dapur pun sepi, jadi saya hanya memanfaatkan lauk-pauk sisa sarapan dan makan siang yang masih ada di meja makan. Kalo istilah Teteh nih, ini adalah misi penyelamatan makanan sisa. Hwahahahaa..

"Nasi Goreng Selimut Telur 1, 2, dan 3"
Terbuat dari nasi seadanya, dicampur suir ayam, kecap, garam, penyedap rasa, saos sambal secuil (karna Aa Rijal nggak mau pedes2), margarin, dan minyak goreng. Untuk selimut, kocok telur secukupnya tanpa garam, didadar tipis-tipis lalu diselimutkan di atas nasi goreng. Dan untuk topping, manfaatkan makanan yang ada seperti tahu dan tempe goreng yang dipotong dadu atau memanjang, ditata di pinggiran selimut agar tampak rapi, atau sesuai selera. Kalau mau, bisa tambahkan goreng nugget atau otak-otak.

Minggu pagi, ceritanya saya masak nasi. Tapi karena saya gaptek soal ricecooker, jadi nasinya rada lembek. Maklum laaah, saya kan orangnya sangat tradisional, biasa masak nasi pake langseng dan citel, hehehee.. Menyiasati nasi biar nggak kebuang, saya dan Teteh pun berkreasi bikin nasi tim::

"Nasi Tim Minimalis"
Nasi yang masih panas dicampur garam dan penyedap rasa secukupnya. Bisa diaduk pake sendok nasi, tapi kalau ingin lebih merata, disarankan aduk menggunakan tangan. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik, agar nasi tetap bersih dan kulit tangan tidak melepuh akibat panas nasi. Bentuk nasi sesuai selera. Pilihan topping bebas. Jika ada lauk-pauk di meja makan, bisa dimanfaatkan. Misalnya, perkedel kentang yang dipotong dadu atau gepuk yang disuir.

Sampai Minggu malam, saya masih memanfaatkan lauk-pauk yang ada untuk diolah kembali jadi makanan layak hidang. Baru Senin pagi saya belanja dan masak betulan, hehe.. Saya pilih yang simpel aja. Untuk sarapan saya cuma menggoreng otak-otak, nugget, dan gepuk. Makan siang mendingan karena saya masak sayur bayam dan goreng tempe yang pake baju alias tempe tepung. Hihi, begitu dihidangkan langsung larrriiis maniiisss...

Tapi tadi malam saya malas masak yang aneh-aneh. Terutama karena perut saya bergejolak heboh banget dan saya makin sering bolakbalik toilet. Jadi untuk Aa Rijal, saya cuma bikin french toast tapi nggak pake telur, dan dipanggangnya cuma pake wajan biasa. Syukurlah hasilnya nggak terlalu ancur.. Hehehehe..

Hmm.. Besok makan masak apa lagi yaaa... :p

Tidak ada komentar: